Somebody Save Me III

Saya baru saja melakukan kegiatan blogwalking. Istilah yang juga baru saya dapat setelah ‘jalan-jalan’ di blog teman-teman yang lain. Menemukan sebuah situs blog yang menarik perhatian saya dengan sekilas layout dan tampilan yang sederhana namun eye catch. Halaman blog terkotak-kotakdengan rapi untuk kepentingan penataan artikel utama, sidebar yang di split menjadi beberapa bagian untuk spasi iklan. Biasanya halaman untuk iklan terlihat tidak teratur dan malah bisa mengganggu kenyamanan pembaca untukberlama-lama berkunjung. Di situs ini tidak begitu. Biasanya yang saya temukan terhadap situs dengan lay out macam begitu adalah situs-situs dengan domain tertentu bukan sebuah template dari blog yang disediakan secara gratis dari penyedia blog. Tapi saya lihat alamat situs tersebut berakhiran dengan alamat penyedia situs terkenal biasanya, bukan alamat situs dengan domain berbayar.

Karena tertarik saya mencoba menghubungi lewat kontak yang tersedia. Dan..tidak begitu lama, pertanyaan saya langsung di balas. Kaget dan seneng juga. Jawabannya demikian :

  • melakukan pengeditan terhadap kode HTML template dari blogger, untuk cara ini terbilang sulit apalagi kalau anda kurang mengerti html dan javascript.
  • mencari tempalate yang sudah jadi dan gratis, banyak tersebar di internet asal mau aja mencarinya. Tinggal dowmnload dan upload ke blogspot kita, jadi deh.

Yang pertama jelas saya kurang pengetahuan. Nah, yang kedua, beliau yang punya situs memberikan informasi tentang situs-situsnya. Baik ya? Untuk blogspot maupun wordpress. Langsung saya arahkan browser menuju ke sana. Mencari-cari yang sekiranya cocok lalu mendownload seperlunya.

Dari pilihan download sepertinya layout blog ini akan diubah seperti yang saya harapkan di file download tadi. Maka saya harus upload file tersebut supaya dapat muncul di admin untuk pilihan mengubah layout.

Namun,..

Saya menemukan bahwa saya tidak tau caranya! Klik sana-sini tetap gak menemukan cara upload file tersebut. Manyun. Masak kayak gini aja nanyak yah? Lha jika memang tidak bisa mau bagaimana lagi? Saat paragraf ini dibuat, saya telah mengirimkan pertanyaan tersebut kepada pemilik situs baik hati tadi.

hihihi..Jawabannya belum datang juga tuh..Nampaknya beliaunya telah offline. Baik, akan ditunggu sembari bertanya kepada Paman Gugel siapa tau memiliki jawabnya. Atau adakah teman yang sekiranya mampir ke blog ini bersedia memberikan petunjuknya?

Ahh..tampaknya akan menjadi sebuah judul posting yang berseri ini.

Leave a Reply

